Friday, February 5, 2016

7 Restoran Waralaba Global Justru Bermula dari Kedai Sederhana


Di Kaskus, ada posting menarik soal kisah 7 restoran waralaba yang mendunia. Mereka adalah KFC, McDonald's, Dunkin Donuts, Pizza Hut, Burger King, Domino's Pizza & Starbucks. Uniknya, ketujuh restoran waralaba itu merintis bisnisnya dengan sederhana.

1. KFC

Mulanya, Harland Sanders memasak ayam goreng di dapur sendiri, bagi para pelancong di sebuah pompa bensin di Corbin, pada 1930, dan ketenarannya mulai diketahui secara luas. Selama sembilan tahun berikutnya, ia menyempurnakan resep rahasia dengan campuran ramuan sebelas rempah. Ia pertama kali menyadari potensi restoran waralaba pada 1952.

Dan franchise pertama dibuka di Salt Lake City, Utah, oleh Pete Harman, yang menggunakan dan mempopulerkan nama Kentucky Fried Chicken.

2. McDonald's


Pada 1940, sebuah stan makanan bernama The Airdrome dipindahkan dari Monrovia ke lokasi ini oleh para putra pemiliknya, Maurice dan Richard McDonald, dan berganti nama menjadi McDonald's Bar-B-Q. Hingga 1948, kedai itu beroperasi sebagai carhop drive-in.

Setelah itu, mereka mulai fokus pada burger dan kentang goreng, dengan merk "McDonald's". Lokasi ini tidak hanya berfungsi sebagai restoran McDonald's, tetapi juga sebagai kantor pusat perusahaan, serta museum tidak resmi.

3. Dunkin Donut's


Adalah fenomenal, ketika sebuah toko yang menjual donat sederhana di Southern Artery di Quincy kemudian menjadi kedai donat favorit di Amerika, Dunkin'. Toko pertama dibuka pada 1948, dan saat itu dinamai Open Kettle.

Setahun kemudian, nama ini diubah menjadi Kettle Donuts, dan kemudian, akhirnya menjadi Dunkin' Donuts pada 1950. Bangunan ini telah mengalami renovasi beberapa kali, tapi estetika asli masih terpelihara dengan baik.

4. Pizza Hut


Pada 1958, Dan dan Frank Carney membuka Pizza Hut pertama di kampung halaman mereka, di Wichita, Kansas. Dua bersaudara itu memikirkan sebuah kata untuk digabungkan dengan kata "Pizza", sebagai merek makanan baru mereka.

Ketika melihat bahwa bangunan tersebut berbentuk seperti sebuah gubuk, ditambah mereka hanya diperbolehkan menggunakan sembilan huruf sebagai merek, mereka pun memutuskan kata "Hut". Pada 1986, restoran pindah ke dalam area kampus Wichita State University, karena kerap digunakan sebagai tempat meeting oleh International Business Student Association.

5. Burger King


Dimulai sebagai Insta-Burger pada 1953, didirikan oleh Keith J. Kramer dan Matthew Burns, dengan Insta-Broilers yang bisa memasak 400 burger dalam satu jam, dan jumlah waralaba pun meningkat.

Sampai akhirnya mereka pun menjual perusahaan kepada James McLamore dan David R. Edgerton. Pemilik baru pun mengubah nama menjadi Burger King. Lokasi asli saat ini digunakan oleh sebuah kedai bernama Stan Sandwich.

6. Domino's Pizza




Pada 1960, Tom dan James Monoghan membeli area parkir kecil bernama Dominick, di dekat Eastern Michigan University. Setelah beberapa bulan, James menyerahkan bisnis itu kepada saudaranya.

Di tahun 1965, ia berganti nama menjadi Domino's Pizza, Inc. Dari tempat tersebut, merek ini tumbuh menjadi salah satu kedai pizza paling populer di dunia.

7. Starbucks


Pada 1971, toko asli dari Starbucks hanya menjual biji kopi dan peralatannya. Namun, bangunan itu dibongkar pada 1976, dan mereka diminta untuk mencari lokasi baru. Hasilnya, mereka mulai membuka sebuah kafe bernama 1st and Pike pada 1977.

Terletak di Pike Place Market yang bersejarah. Sejak saat itu, mereka terus berkembang, hingga akhirnya pada saat ini menjadi tempat minum kopi terfavorit di dunia.

No comments:
Write comments